Dalam
sebuah organisai, keberadaan seorang peminpin yang baik diperlukan. Hal ini
dikarenakan dalam organisai atau dalam perusahaan ada seseorang yang dapat meminpin,
dalam usaha, dan menjadi panutan semua orang atau anak buhanya. Peminpin atau
seorang manajer ini merupakan sosok yang
bekerja melalui orang lain untuk mencapai apa yang menjdai visi dan misi
perusahaan
( organisasi ) dengan
mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang ada dalam organisasinya sebagai
berikut:
Seorang
manajer adalah untuk meminpin, memotivasi, dan mendorong karyawanya untuk
bekerja sama dalam mencapai tujuan organisai, maka setiap mannajer harus
memiliki keterampilan dasar di bidang manajemen bisnis agar dapat mengelolah
timnya secara efektif lagi. Untuk dapat meraih apa yang menjdai tujuan
perusahaan, seorang manajer harus mampu merencanakan, dan mengatur,
mengendalikan sumber daya manusia. Sehingga penting bagi seorang manajer untuk memiliki
skil dan kualitas yang baik.
Dibawah
ini ada beberapa skil yang harus dimiliki oeloh seorang manajer sebagi berikut:
1.
Ketrampilan konseptual
Hal
ini terkait dengan kemampuan dalam membuat konsep, ide dan menyampaikan gagasan
untuk kemajuan perusahaan. Ide-ide tersebut dituangkan dalam rencana kegiatan
atau sering disebut rencana kerja. Selain itu manajer hendaklah juga memiliki
visi ke depan, misi yang jelas, program kerja yang aktual, serta menjaga
competitive advantage dalam organisasi.
2.
Ketrampilan komunikasi
Seorang
manajer harus mampu berinteraksi dengan baik dengan banyak orang. Saat
berkomunikasi dengan bawahan, maka dia harus dapat berkomunikasi secara
persuasif dan bersahabat. Ketika berkomunikasi dengan rekan kerja harus saling
menghormati dan saat berkomunikasi dengan jajaran manajemen dan konsumen, dia
harus dapat melayaninya dengan baik. Menjaga komunikasi yang baik dengan semua
orang akan mendorong orang-orang disekitarnya menjadi tim terbaiknya.
3.
Ketrampilan teknis
Memiliki
kemampuan dalam bidang informasi teknologi atau bidang lainnya merupakan
keunggulan atau nilai lebih bagi seorang manajer. Memiliki ketrampilan teknis
merupakan bekal yang harus dimiliki oleh seorang manajer, sehingga dia tidak
hanya memahami konsep, namun juga dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi.
4.
Ketrampilan manajemen waktu
Seorang
manajer harus mampu mengalokasikan waktu untuk mendapatkan hasil yang optiomal.
Kemampuan ini akan diuji pada saat menyusun rencana sebuah project, dimana
tidak hanya masalah manajemen waktu saja yang harus diperhatikan, tapi juga
membuat skala prioritas.
5.
Ketrampilan membuat keputusan
Kemampuan
untuk mengidentifikasi masalah dan dapat meninjau secara komprehensif, termasuk
memberikan solusi dalam memecahkan masalah adalah ketrampilan yang harus
dimiliki setiap manajer. Mengambil keputusan hendaklah tidak dilakukan dengan
terburu-buru, namun seringkali manajer harus mengambil keputusan dengan cepat
di saat mendesak.
6.
Ketrampilan kepemimpinan
Manajer
harus benar-benar menjadi seorang pemimpin dan tidak mengindahkan hal-hal yang
tidak perlu. Menjalankan program kerja dan evaluasi membutuhkan komitmen dan
ketegasan. Manajer yang tangguh akan mendorong terciptanya terus di lingkungan
kerjanya dan menciptakan teamwork yang solid.
Berbagai
ketrampilan tersebut merupakan skill dasar yang harus dimiliki seorang manajer.
Dengan memiliki ketrampilan manajemen tersebut, maka seorang manajer dapat
menjalankan tugasnya secara profesional dan efektif.
Post a Comment