Home ·

Mandi Balimau Besamo, Tradisi Masyarakat Riau Menyambut Bulan suci Ramadan

Di tengah derasnya arus globalisasi, sebagian masyarakat Indonesia nyatanya masih mempertahankan keaslian tradisinya. Salah satunya dapat ditemukan di Provinsi Riau, dimana masyarakatnya secara rutin menggelar tradisi Balimau Kasai.
Mandi Balimau Besamo, Tradisi Masyarakat Riau Menyambut Bulan suci Ramadan
Balimau Kasai merupakan sebuah upacara tradisional yang istimewa bagi masyarakat Riau untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Acara yang lazimnya dilaksanakan sehari menjelang bulan suci ini merupakan ungkapan rasa syukur serta simbol penyucian diri kita di bulan suci ramadan ini
Balimau sendiri bermakna membasuh diri dengan air yang dicampur jeruk limau atau jeruk nipis. Sedangkan kasai yang bermakna lulur dalam bahasa Melayu adalah wewangian yang terbuat dari bahan alami seperti beras, kunyit, daun pandan, dan bunga.

Sebelum prosesi Balimau Kasai, Togak Tonggol terlebih dahulu dilaksanakan sebagai upacara pembuka yang dipimpin oleh Datuk Rajo Bilang Bungsu. Selanjutnya, warga yang hadir akan beramai-ramai masuk ke sungai dan mandi bersama- sama.
Sejak pagi hari, ribuan warga telah tampak memenuhi tepi Sungai Kampar untuk melaksanakan upacara sakralnya. Tahun ini, Balimau Kasai dilaksanakan di Desa Teratak Buluh dan Kampung Pinang Kabupaten Kampar, Rabu (05/05/2019).
Baruntunglah bagi umat Islam yang senantiasa memanfaatkan momen Ramadhan sebagai sarana untuk memperbanyak pahala, mencari pengampunan dosa, hingga mengharap ridha Allah SWT.
Mandi Balimau Besamo, Tradisi Masyarakat Riau Menyambut Bulan suci Ramadan
Begitu spesialnya bulan Ramadhan sampai-sampai Rasulullah SAW berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa dipertemukan dengan bulan penuh ampunan tersebut.

Sumbernnya; ( http://radarpekanbaru.com/news/detail/3389/alfamart-semarakkan-balimau-kasai-di-teratak-buluh-kampar.html) 

Post a Comment